Kamis, 10 Maret 2011

5 Cara Mempromosikan Blog

Satu minggu ini saya benar-benar disibukkan oleh kegiatan kuliah saya yang sampai sore hari. Bercanda, bukan masalah kuliah saya yang hampir tiap hari pulang sore sehingga saya merasa sangat lelah  meluangkan waktu untuk menulis. Namun karena saya sedang sibuk mengotak-atik konsep KamarKecil Studio yang masih belum saya dapatkan konsepnya. Payah :) . Ada beberapa design yang sudah saya garap, tapi masih saja saya belum merasa pas dengan design yang saya buat. Entah sedang bertamasya kemana inspirasi saya. ha ha ha.
Oke, kali ini saya ingin sedikit berbagi tips untuk meningkatkan atau mempromosikan blog/website kita. Walaupun hanya sedikit saya harap dapat memberi manfaat kepada pembaca semua.

1. Joint Blogs/Sites

Bergabunglah dengan website/blog yang bisa menampung atau memamerkan hasil karya kita. Di sana kita dapat mengupload karya-karya kita sehingga orang lain lebih banyak yang tahu tentang karya kita itu. Jika mereka tertarik untuk melihat lebih karya-karya kita tentu mereka akan mengunjungi blog milik kita.

2. Contacts on Social Media Sites

Ini adalah salah satu cara yang ampuh untuk mempromosikan blog kita. Dengan jaringan sosial yang bagus kita akan lebih dengan dikenali orang tentang karya-karya kita. Misalnya saja Twitter dan Facebook. Kedua jejaring sosial itu saat ini mempunyai peran yang sangat besar sekali dalam gaya hidup masyarakat di seluruh belahan dunia.
Hal yang paling penting adalah bahwa kamu secara efektif  ‘piggybacking’ pada jaringan mereka setiap kali mereka berhubungan dengan sesuatu dari kamu. Sebagai contoh, di Facebook, jika seseorang dengan koneksi bergabung dengan halaman kamu, semua kontak mereka akan menyadari hal ini dalam newsfeeds mereka. Dihubungkan dengan orang-orang penting, kamu dapat menjaga mereka dalam lingkaran dengan apa pun yang sedang kamu kerjakan, yang akan bermanfaat bagi visibilitas online kamu.

3. Fresh Content

Kadang mendapatkan materi dari blog orang lain itu juga perlu. Hal ini akan membantu kita untuk mengetahui materi apa yang sedang banyak dibicarakan atau ang sedang fresh.

4. Joint Interviews

Ini  juga penting untuk mengetahui keunggulan ataupun kelemahan suatu produk. Jika keunggulan dari hasil karya kita banyak dibicarakan tentu ini akan dapat meningkatkan rating kita, dan apa yang terjadi? Ya, kita akan dipandang karena hasil karya kita itu.

5. Exchanging Links

Kelihatannya simpel tapi ini lumayan efektif  dalam mempromosikan blog.  Saling bertukar link akan menambah kawan di dunia maya yang bisa saling mensupport akan masing-masing blog mendapat banyak pengunjung.
Hanya ini yang dapat saya tulis kali ini, tapi walaupun hanya sedikit semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar